Mengulas Taman Nasional Pegunungan Great Smoky, USA


Mengulas Taman Nasional Pegunungan Great Smoky, USA – Taman Nasional Pegunungan Great Smoky adalah sebuah taman nasional Amerika di tenggara Amerika Serikat , dengan bagian-bagian di Tennessee dan Carolina Utara.

Mengulas Taman Nasional Pegunungan Great Smoky, USA

jccegov – Taman ini berisi beberapa gunung tertinggi di Amerika Utara bagian timur, termasuk Clingmans Dome , Gunung Guyot , dan Gunung Le Conte. Jalur Appalachianmelewati pusat taman pada rute dari Georgia ke Maine. Dengan 14,1 juta pengunjung pada tahun 2021, Taman Nasional Pegunungan Great Smoky adalah taman nasional yang paling banyak dikunjungi di Amerika Serikat.

Baca Juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Arches National Park

Taman ini meliputi 522.419 hektar (816,28 sq mi; 211.415,47 ha; 2.114,15 km 2 ), menjadikannya salah satu kawasan lindung terbesar di Amerika Serikat bagian timur. Pintu masuk taman utama terletak di sepanjang US Highway 441 ( Newfound Gap Road ) di kota Gatlinburg, Tennessee dan Cherokee, Carolina Utara , dan juga di Townsend, Tennessee . Taman ini diakui secara internasional karena pegunungan, air terjun, keanekaragaman hayati, dan hutannya. Selain itu, taman ini juga melestarikan beberapa struktur sejarah yang merupakan bagian dari komunitas yang ditempati oleh pemukim Eropa-Amerika awal di daerah tersebut.

Taman ini disewa oleh Kongres Amerika Serikat pada tahun 1934, dan secara resmi didedikasikan oleh Presiden Franklin D. Roosevelt pada tahun 1940. Pegunungan Great Smoky adalah taman nasional pertama yang memiliki tanah dan biaya lainnya yang sebagian dibayar dengan dana federal; taman sebelumnya didanai sepenuhnya dengan uang negara atau dana swasta. Taman ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983, dan Cagar Biosfer Internasional pada tahun 1988.

Sebagai taman nasional yang paling banyak dikunjungi di Amerika Serikat, Taman Nasional Pegunungan Great Smoky menjangkar industri pariwisata besar yang berbasis di Sevier County, Tennessee yang berdekatan dengan taman. Atraksi utama termasuk Dollywood , objek wisata kedua yang paling banyak dikunjungi di Tennessee, Ober Gatlinburg , dan Akuarium Ripley di Smokies. Pariwisata ke taman berkontribusi sekitar $2,5 miliar per tahun ke dalam ekonomi lokal.

Sejarah

Selama ribuan tahun, wilayah ini diduduki oleh budaya masyarakat adat yang berurutan. Cherokee yang bersejarah memiliki tanah air mereka di sini, dan menduduki banyak kota di lembah sungai di kedua sisi Pegunungan Appalachian. Pertemuan pertama mereka dengan orang Eropa adalah sebagai pedagang, sebagian besar berasal dari Virginia kolonial dan Carolina. Orang Eropa-Amerika tidak mulai menetap di sini sampai akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19. Terutama karena tekanan mereka untuk memperoleh tanah di Deep South, pada tahun 1830 Presiden Andrew Jackson menandatangani Indian Removal Act , memulai proses yang akhirnya mengakibatkan pemindahan paksa semua suku India di timur Sungai Mississippi ke Wilayah India ( sekarang Oklahoma ).

Sebagian besar Cherokee juga disingkirkan. Selama beberapa waktu, beberapa orang, yang dipimpin oleh pejuang seperti Tsali , menghindari pemindahan dengan tetap tinggal di daerah yang sekarang menjadi bagian dari Taman Nasional Pegunungan Great Smoky. Sebuah band di Sungai Oconaluftee memperoleh tanah dan juga tetap tinggal. Keturunan mereka membentuk sebagian besar Band Timur Cherokee Indian yang diakui secara federal , yang berbasis di Cherokee, Carolina Utara , dan cagar Qualla Boundary mereka di selatan taman.

John Mingus, yang membangun Pabrik Mingus, dan Ralph Hughes menetap di Oconaluftee pada tahun 1795. Pemukim lain segera mengikuti dan mulai membuka lahan dan bertani. Pada tahun 1818, John Oliver dan keluarganya adalah pemukim kulit putih pertama yang pindah ke Cades Cove. Setelah 1821, lebih banyak keluarga menetap di Cades Cove termasuk Jobes, Gregorys, Sparkes, dan Cables. Ketika komunitas mulai tumbuh, Gereja Baptis Cades Cove didirikan pada tahun 1827.

Ketika pemukim kulit putih tiba, para pengusaha mengembangkan penebangan sebagai industri utama di pegunungan. The Little River Railroad dibangun oleh Kolonel WB Townsend pada akhir abad ke-19 untuk mengangkut kayu dari daerah terpencil di daerah tersebut. Kolonel Townsend telah membeli 86.000 hektar tanah di Little River. Pembangunan Little River Railroad menjadi contoh bagi perusahaan besar seperti Ritter Lumber Company, Montvale Timber Company, dan Norwood Lumber untuk juga membeli hektar tanah untuk penebangan. Perusahaan pembalakan Champion membeli 92.000 hektar tanah yang mencakup area Greenbrier Cove dan area dari Clingman’s Dome hingga Gunung Kephart. Pada tahun 1909 penebangan mencapai puncaknya dan pada tahun 1920 sekitar dua pertiga dari kawasan Taman Nasional Pegunungan Great Smoky telah ditebang atau dibakar oleh api dari operasi penebangan.

Karena tebang habis dengan gaya tebang habis merusak keindahan alam daerah tersebut, pada abad ke-20 pengunjung dan penduduk setempat bersatu padu untuk mengumpulkan uang untuk pelestarian tanah. Layanan Taman Nasional AS menginginkan sebuah taman di Amerika Serikat bagian timur, tetapi tidak memiliki banyak uang untuk mendirikannya. David Chapman , seorang pemimpin bisnis Knoxville, Tennessee , ditunjuk pada tahun 1925 untuk mengepalai komisi untuk mendirikan taman nasional di sini. Kongres mengesahkan taman itu pada tahun 1926, tetapi tidak ada inti tanah milik federal untuk mengembangkannya. John D.Rockefeller, Jr.menyumbang $ 5 juta, pemerintah AS menambahkan $ 2 juta, dan warga negara dari Tennessee dan Carolina Utara bergabung untuk merakit tanah untuk taman, sepotong demi sepotong.

Perlahan-lahan, para pemilik rumah gunung, penambang, dan penebang kayu diusir dari tanah itu. Pertanian dan operasi penebangan kayu dihapuskan untuk membangun kawasan lindung taman. Penulis perjalanan Horace Kephart , yang dinamai Gunung Kephart , dan fotografer Jim Thompson dan George Masa berperan penting dalam mendorong pengembangan taman. Mantan Gubernur Ben W. Hooper dari Tennessee adalah agen pembelian tanah utama untuk taman tersebut, yang secara resmi didirikan pada 15 Juni 1934. Selama Depresi Hebat , Korps Konservasi Sipil , Kemajuan Pekerjaan Administrasi, dan organisasi federal lainnya mempekerjakan pekerja untuk membangun jalan setapak, menara pengawas kebakaran, dan perbaikan infrastruktur lainnya ke taman dan Pegunungan Smoky.

Lingkungan

Ketinggian di taman berkisar dari sekitar 875 kaki (267 m) hingga 6.643 kaki (2.025 m) di puncak Clingmans Dome . Di dalam taman, total enam belas gunung mencapai ketinggian lebih dari 5.000 kaki (1.520 m). Rentang ketinggian yang luas meniru perubahan garis lintang yang ditemukan di seluruh Amerika Serikat bagian timur. Mendaki gunung sebanding dengan perjalanan dari Tennessee ke Kanada. Tumbuhan dan hewan yang umum di Timur Laut negara itu telah menemukan relung ekologi yang cocok di ketinggian taman yang lebih tinggi, sementara spesies selatan menemukan rumah di dataran rendah yang lebih nyaman.